Masyarakat Diminta Tak Lakukan Penebangan Liar,  Camat dan Lurah Harus Mengawasi

Masyarakat Diminta Tak Lakukan Penebangan Liar,  Camat dan Lurah Harus Mengawasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dengan tegas meminta masyarakat untuk menghentikan pembalakan liar di sepanjang bukit barisan.

Karena, banjir yang menghadang di sejumlah wilayah di Riau diduga akibat sudah gundulnya hutan di sana. Sehingga hujan yang turun tidak bisa lagi ditahan dan akhirnya meluap.

"Saya berharap jangan ada lagi penebang liar. Kepala Desa dan Camat sekitar juga saya minta supaya ikut mengawasi, karena dampaknya juga dari sana (Bukit barisan)," ujar Andi Rachman.

Andi Rachman juga meminta agar kualitas pembangunan diperhatikan, terutama pembangunan jalan dan upaya antisipasi terjadinya longsor. Sehingga, begitu ada longsor jalan tetap dalam pengawasan.

"Dengan pengalaman seperti ini, daerah rawan longsor harus memiliki alternatif lain untuk akses jalan, sebagai antisipasi agar tidak terjadi jalan putus," jelas Andi Rachman lagi.

Menurut Andi Rachman, sebagai upaya pencegahan ke depan, sedapat mungkin untuk menjaga resapan Daerah Aliran Sungai (DAS) bisa lebih baik menampung curah hujan.

"Masyarakat yang tinggal di sekitar Bukit Barisan, agar menjaga lingkungan mulai sekarang," pungkasnya. (R07)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index